Senin, 18 April 2016

Keutamaan Mengurus & Mendidik Anak

Diakhirat kelak, anak akan jadi pengangkat derajat orangtuanya di surga, serta jadi perisai bagi orngtuanyadari neraka. Rasulullah saw bersabda,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ، قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، إِنَّ اللهَ عَزَّ وَجَلَّ لَيَرْفَعُ الدَّرَجَةَ لِعَبْدِ الصَّالِحِ فِي الجَنَّةِ فَيَقَوْلُ يَا رَبِّ أَنَّى لِي هَذِهِ فَيَقُوْلُ بِاسْتِغْفَارِ وَلَدِكَ لَكَ

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata: Rasulullah saw bersabda, “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla mengangkat derajat seorang hamba yang shaleh di surga. Lalu hamba tersebut bertanya, Ya Rabb, dari manakah aku memperoleh semua ini? Allah menjawab, ini berkat istighfar anakmu untukmu” (HR Ahmad dan Ibnu Majah)

عَنْ أَبِيْ سَعِيْدٍ الخُدْرٍيِّ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهِ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْكُنَّ امْرَأَةٌ يَمُوْتُ لَهَا ثَلَاثَةٌ مِنْ الوَلَدِ اِلَّا كَانُوْا لَهَا حِجَابًا مِنَ النَّارِ فَقَالَتْ امْرَأَةٌ أَوْ اثْنَانِ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ اثْنَانِ

Dari Abu Sa’id Al-Khudry ra, ia berkata: Rasulullah saw bersabda, “Tidak ada seorangpun dari kalian yang kematian tiga orang anaknya, melainkan anak-anaknya itu akan jadi perisai baginya dari neraka. Kemudian seorang wanita dari mereka bertanya, kalau dua orang anak bagaimana? Rasulullah saw menjawab, sekalipun hanya dua orang anak” (HR Muslim dan Ahmad)

Kaum Jahiliyyah, merasa hina, jika istri-istri mereka melahirkan anak perempuan. Anak perempuan dianggap sebagai pembawa beban nafkah yang berat bagi keluarganya, hanya memdatangkan kesulitan dan permasalahan di kemudian hari.

Pada masa Fir’aun, anak perempuan dibiarkan hidup, karena mereka akan dijadikan sebagai komoditas, pemenuh syahwat kaum Adam.

Risalah yang dibawa oleh Muhammad saw, mengajak umat manusia untuk memuliakan hak wanita, diantaranya dengan memberikan keutamaan bagi setiap orang yang mau bersabar dalam mengurus dan mendidik anak-anaknya terutama anak perempuan


Dari Uqbah bin Amir ra, dari Nabi saw bersabda, “Barangsiapa yang mempunyai tiga orang anak perempuan, lalu ia bersikap sabar terhadap mereka, niscaya mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka” (HR Ahmad dan At-Thabrany)

Dari Jabir bin Abdullah, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang mempunyai tiga orang anak perempuan, lalu ia melindunginya, menyayanginya dan mengurusnya, maka ia pasti masuk surga”. Lalu ditanyakan kepada beliau, bagaimana kalau dua orang? Beliau menjawab, “meskipun dua orang”. Ia berkata, sebagian orang mengira, kalaulah mereka mengatakan bagaimana jika seorang pasti beliaupun akan menjawab meskipun hanya seorang. (HR Ahmad)

Dari Siti Aisyah ra, ia berkata, Rasulullah saw bersabda, “Barangsiapa yang diuji dengan sesuatu dari urusan anak-anak perempuan ini, lalu ia tetap memperlakukan mereka dengan baik, maka kelak mereka akan menjadi penghalang baginya dari api neraka” (HR Mutafaq ‘alaih)

oleh: Ahmad Solihin, S. Thi
Penulis: Mikail

Tidak ada komentar: